Jurusan Sosiologi Hadirkan M. Najib Azca, Ph.D untuk Kuliah Dosen Tamu

Bertempat di Aula Fisip, Jurusan Sosiologi pada Hari Selasa (17/12), mengadakan kuliah dosen tamu dengan menghadirkan M. Najib Azca, Ph.D, dari Jurusan Sosiologi Fisipol Universitas Gadjah Mada. Materi yang dipaparkan merupakan materi kuliah pada Mata Kuliah Gerakan Sosial dan Manajemen konflik Sosial dengan 2 materi yang berbeda yakni “Passionate Politics : Pendekatan Baru dalam Studi Gerakan Sosial dan “Pascajihad : Studi Sosiologis Demobilisasi Jihad di Indonesia".

Kuliah yang diikuti oleh Mahasiswa Jurusan Sosiologi dan didampingi oleh dosen pengampu mata kuliah ini, untuk memberikan pencerahan keilmuan khususnya tentang “Passionate Politics”. Suasana perkuliahan berlangsung interaktif, dinamis dengan diskusi dua arah sehingga berlangsung cukup menarik.

Ketua Jurusan Sosiologi, Dra. Tri Rini Widyastuti, M.Si, berharap agar pemaparan materi kuliah dapat meningkatan daya analisis mahasiswa terhadap permasalahan-permasalahan yang ada di Indonesia secara sosiologis terutama yang terkait dengan gerakan sosial dan manajemen konflik sosial.

Dalam paparannya M. Najib Azca, PhD menyampaikan, “Passionate Politics” merupakan kritik yang menjadi alternatif terhadap pendekatan hegemonik dalam studi gerakan sosial struktural dan rasional. Kontribusi teori adalah ikut membentuk pendekatan baru dalam teori gerakan sosial: “passionate politics” dan kontribusi empirisnya untuk memperkaya studi akademis di persimpangan antara studi kekerasan komunal & gerakan Islam.

ALAMAT


Jurusan Sosiologi
Kamus Fisip Unsoed
Jl. Prof. HR Bunyamin 993 Purwokerto
Jawa Tengah, 53122
Telp. 0281-635292 Ext. 112